Assalam.. Mudah pengucapannya, enak kedengarannya. Lembaga pendidikan yang secara struktural berada di bawah yayasan Shubulus Salam Assidiqiyah ini memiliki 3 lembaga pendidikan; Pondok Pesantren, Madrasah Tsanawiyah (setingkat dengan SMP), dan Madrasah Aliyah (setingkat SMA). Ketiganya terletak dalam satu komplek, yang dari depan, nampak seperti pada foto di atas.

Memang, dari awal Pondok Pesantren Assalam ini direncanakan sebagai bagian dari lembaga pendidikan Islam yang menyelenggarakan program terpadu antara sekolah formal dan pondok pesantren dalam satu atap manajemen.

Visi pondok pesantren ini adalah turut mencerdaskan bangsa dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang bermuara pada tujuan pembangunan yang memerlukan usaha yang sistematis dan terarah dalam menggali dan mengembangkan potensi manusia Indonesia secara maksimal, sehingga menjadi bangsa yang maju, sejahtera, dan damai serta dihormati oleh bangsa-bangsa dalam percaturan ijmak.

Secara umum pondok pesantren, MTs, dan MA NU Assalam bertujuan untuk mengembangkan pendidikan nasional yang menghasilkan manusia yang beriman dan bertaqwa, berbudi luhur, berkepribadian, mandiri, terampil, berdisiplin dan memiliki kesetiakawanan sosial serta berorientasi masa depan.

Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk menghasilkan keluaran (output) pendidikan yang mempunyai keunggulan dalam keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, wawasan IPTEK yang luas dan mendalam, motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi, kepekaan sosisal dan kepemimpinan, serta mendidik disiplin yang tinggi.

Ponpes – MTs – MA NU Assalam adalah lembaga pendidikan yang bercirikan Ahlussunnah wal Jama’ah yang memadukan antara sistem pesantren tradisional dengan metode sorogan  dan bandongan, dengan sistem pendidikan nasional metode klasikal. Kurikulum Ponpes – MTs – MA NU Assalam pun adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan agama. Keduanya diposisikan sejajar dengan porsi waktu yang sama, yakni mulai pagi hinga siang hari dengan kurikulum sekolah, dan mulai pukul 15.00 hingga pukul 20.00 diisi pengajian kitab salaf (kurikulum pondok pesantren).

Materi yang diajarkan cukup padat dengan tetap mengedepankan ilmu-ilmu yang mengarah pada ilmu alat terutama ilmu nahwu dan shorof, Al-Qur’an Al Karim, Tafsir Jalalain, Al Arbain Al Nawawiyah, Bulughul Marom, Taqrib, Kifayatul ‘Awam, Alfiyah Ibnu Malik, Jurumiyah Arabiyah An Nasyi’in, Ta’limul Muta’allim, Al Rohabiyah, dll. Disamping pelajaran-pelajaran yang telah disebutkan, diberikan pula berbagai pendidikan ketrampilan yang dibutuhkan santri, misalnya Tilawah, Kaligrafi, dll.

Lokasi

Pondok Pesantren – MTs – MA NU Assalam memiliki lokasi yang cukup strategis, yakni terletak di desa Tanjungkarang Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Dikatakan strategis karena lokasi dari lembaga pendidikan ini berbatasan langsung denga desa Jetiskapuan (kecamatan Jati), desa Ngemplak (kecamatan Undaan), serta desa Ketanjung (kecamatan Karanganyar, kabupaten Demak). Bisa juga dikatakan strategis karena lokasinya yang dekat dengan Jalur Pantura yang melewati kota Kudus. Bila anda melewati Jalur Pantura kota Kudus, perhatikanlah lampu lalu lintas perlimaan desa Tanjungkarang atau lebih dikenal dengan “Proliman Tanjung”. Pilih jalur ke selatan (menuju kabupaten Grobogan), maka jika anda telah sampai pada jembatan di atas sungai yang membatasi desa Jetiskapuan dan desa Ngemplak, di sanalah anda akan menemukan Assalam. ๐Ÿ™‚